Menjalankan emulator Android di Ubuntu 10.04

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Keren kan? udah powerfull juga open source. Tapi adakalanya kita masih terkendala dana untuk bisa memilikinya :D . gak usah khawatir, bagi temen-temen yang pengen punya bisa jalanin android pake emulator. Syaratnya harus ada komputer sama koneksi internet. Kebetulan ane pake Ubuntu 10.04, nah coba-coba sedikit berhasil deh hehe.

Langsung aja nih cara-caranya:

1. Download Android SDK di sini, nah silahkan pilih platform yang diinginkan. Di sini ane pake yang linux.

2. Ekstrak Android SDK tadi dengan cara berikut :

Cara mudah: Klik kanan file, lalu extract here

Cara advance: tar zxvf android-sdk_r08-linux_86.tgz

3. Masuk ke folder hasil ekstrakan dan langsung menuju folder tools. Lalu jalankan Android SDK and AVD Manager

Cara mudah: Double click file android, trus run ajah

Cara Advance:

cd android-sdk-linux_86/tools/
./android

4. Nah ntar akan masuk GUI seperti ini

Berhubung Android SDK yang ane donlod belum menyertakan Android Platform buat jalanin Android, so kita update dulu paketnya. Untuk update paket sekaligus installnya, dibutuhkan koneksi internet dulu.

Masuk Available Packages, centang dulu repositorinya. Berhubung ane udah update jadi tampilannya kayak di atas udah ada macem-macem. Buat yang pertama nanti keluarnya cuma https://dl-ssl.google.com/android/repository/repository.xml

Beri tanda centang lalu klik refresh untuk melihat daftar paket. Setalah itu pilih paket yang ingin diinstal

Klik instal, untuk memulai instalasi.

5. Setelah platform terinstal, mari buat virtual device buat android-nya. Pilih virtual device lalu klik new, nanti akan muncui GUI seperti ini

Silahkan setting sendiri sesuai keinginan. setelah itu klik Create AVD.

6. Kita udah punya virtual device baru, jadi untuk menjalankannya kita tinggal pilih virtual device yang pengen kita jalankan lalu klik start.

Kira-kira jadinya ntar seperti ini (punya ane :D ):

Keren kan? Proses booting device Androidnya emang agak lama, jadi sabar dikit ya :) . Setelah itu silahkan beeksplorasi dengan Android. Berhubung ane masih terkoneksi dengan internet ane nyoba buka browser lalu tes buka situs. Kebetulan ane nyoba buka www.kaskus.us,  eh nongol tuh di Android kita :)

Jadi Serasa punya Android sendiri ya :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: