Instalasi Modem 3G USB Pada Linux

 

Jadi, tadi malam aku kehilangan jumlah yang tidak sedikit waktu dan tidur ke tombol Italia Vodafone 3G USB. Mencoba untuk mendapatkan hal-hal ini diatur seharusnya cukup mudah, namun proses end-to-end tidak benar-benar didokumentasikan di mana saja, sejauh yang saya tahu. Mungkin untuk perangkat individu, tetapi tidak dengan cara apapun generik.

Karena ini adalah kali kedua saya sudah melakukan ini sekarang, dan dalam kedua kasus itu adalah rasa sakit di pantat, saya mendokumentasikan beberapa langkah generik jadi saya tidak lupa apa yang harus saya lakukan lagi!

Ini ditulis untuk Fedora, namun langkah-langkah cukup mirip untuk setiap distro Linux. Dasar-dasar adalah sebagai berikut:


Pertama, beberapa latar belakang: Vodafone memiliki tim kecil dari pengembang Python didedikasikan untuk seperangkat alat Linux untuk perangkat mobile (jelas khusus Vodafone, tetapi paket mereka secara keseluruhan adalah generik cukup berguna). Karya ini didasarkan pada sebuah situs komunitas yang didukung Vodafone untuk pengembangan mobile bernama Betavine.

Mereka piggy-back pada beberapa pekerjaan yang sangat baik lainnya dari komunitas Linux yang lebih luas. Apakah Anda memiliki kartu Vodafone atau tidak, perlu melalui langkah-langkah pertama dari tutorial ini, karena mereka menginstal persyaratan dasar untuk * hampir semua * USB 3G modem:
http://www.betavine.net/bvportal/resources/datacards/os/fedora

Namun, perangkat lunak pada halaman tersebut tidak selalu yang terbaru, jadi daripada mendownload tarbal mereka lebih baik untuk mendapatkan paket-paket terbaru dari sini:
https://forge.betavine.net/frs/?group_id=12

Ada beberapa distro khusus menginstal halaman bantuan seperti ini, misalnya Ubuntu satu di sini:
http://www.betavine.net/bvportal/resources/datacards/os/ubuntu

Anda harus bisa mengikuti instruksi dan Fedora saya “menerjemahkan” mereka ke distro Linux Anda. Jika Anda tidak bisa, Anda mungkin tidak siap untuk mengutak-atik main dengan hal ini pula!

Anyway, seterusnya dengan instalasi Fedora. Dalam kasus saya saya download paket berikut dari bagian Fedora:

ozerocdoff-0.4-1.fc10.i386.rpm
usb_modeswitch-0.9.7-1.fc10.i386.rpm

(Catatan, USB modeswitch tidak akan pernah menjadi versi paling terakhir, tetapi jika Anda menggunakan versi Vodafone yang merekomendasikan itu harus stabil dengan perangkat lunak lain yang mereka sarankan Anda menginstal.)

Sebelum kita mulai menjalankan perintah, kita perlu membuka jendela terminal dan beralih ke user root:

$ su -

Sekarang, mengulangi langkah dari tutorial Fedora di Betavine, kita menginstal dependensi:

$ yum install wvdial redhat-lsb pyserial python-sqlite2 python-twisted pytz gnome-python2-libegg

Kemudian kita beralih ke direktori kita download paket-paket ke dan menginstal USB modeswitch dan OZero CDOff (ingat untuk dimasukkan ke dalam versi yang Anda download, belum tentu perintah ini sebenarnya):

$ rpm -i ~/Download/usb_modeswitch-0.9.7-1.fc10.i386.rpm
$ rpm -i ~/Download/ozerocdoff-0.4-1.fc10.i386.rpm

Masalah dengan kebanyakan modem 3G USB adalah mereka memiliki dua mode. Dalam salah satu modus mereka adalah pen drive dan dalam modus lain mereka modem. Biasanya mereka hanya kapal dengan driver Windows, kadang-kadang Mac driver juga. Dalam hal apapun, mereka tampaknya jarang, jika pernah, kapal dengan driver Linux. Apa yang biasanya terjadi dengan Windows adalah perangkat dijalankan sebagai pen drive, driver perangkat keras yang terinstal dan kemudian mereka bertanggung jawab untuk “switching” ponsel di dalam ke mode modem sehingga Anda dapat menggunakannya. Ini “switch” dilakukan melalui beberapa kode, khusus untuk perangkat, yang perangkat lunak pengendali dapat lulus sebagai perintah untuk beralih dari disk ke mode modem.

Di situlah USB modeswitch dan OZero CDOff masuk Yang pertama mengelola beralih dari modus dari disk ke modem, yang terakhir memutuskan hubungan perangkat lunak disk yang terpasang mengandung kita tidak peduli tentang itu tidak akan bekerja pula dan yang terpenting, menciptakan port modem Anda NetworkManager / Vodafone Handphone Hubungkan / apapun yang dapat digunakan untuk memulai sebuah koneksi jaringan. OZero CDOff tidak benar-benar diperlukan dalam banyak kasus, karena ada cara alternatif untuk membuat port ini modem, tetapi sudah dapat berfungsi dan membuat hidup lebih mudah, jadi gunakan itu. =)

Tentu saja, ketika Anda pertama kali menginstal USB modeswitch membutuhkan bantuan. Itu tidak tahu apa kode ini untuk perangkat tertentu, sehingga Anda perlu untuk menceritakannya. Anda perlu mengedit file konfigurasi:

$ gedit /etc/usb_modeswitch.conf

Gulir ke bawah sebuah cara dan Anda akan mulai datang ke nama perangkat, setelah semua dokumentasi. Jika Anda beruntung, perangkat Anda sudah akan berada di sana dan Anda hanya bisa un-comment (hapus ‘;’ karakter di awal baris yang sesuai) pengaturan untuk perangkat Anda. Jika Anda tidak beruntung (dan ini jauh lebih mungkin) Anda harus pergi dan menemukan konfigurasi spesifik untuk perangkat baru Anda. Biasanya saya Google untuk itu dan biasanya saya menemukan seseorang telah memberikan rincian. Entah di forum Betavine (jika perangkat Vodafone) atau pada modeswitch USB forum (untuk Vodafone + segala sesuatu yang lain). Dua situs untuk pencarian adalah:
http://www.betavine.net/bvportal/forums (Vodafone saja)
http://www.draisberghof.de/usb_modeswitch/bb (semua perangkat)

Sekarang, perangkat saya adalah Vodafone K3765 dan saya menemukan posting ini pada modeswitch USB forum (Josh, by the way, yang mengelola proyek):
http://www.draisberghof.de/usb_modeswitch/bb/viewtopic.php?p=1343 # 1343

Berikut ini konfigurasi saya disisipkan ke bagian atas usb_modeswitch.conf:

########################################################
# Huawei K3765

DefaultVendor = 0x12d1
DefaultProduct = 0x1520

TargetVendor = 0x12d1
TargetProduct = 0x1465

MessageContent = “55534243123456780000000000000011060000000000000000000000000000”

Catatan, pada waktu tertentu Anda mungkin hanya memiliki satu perangkat “enabled” (misalnya tanda komentar) dalam file konfigurasi Anda. Jika Anda memiliki lebih dari satu perangkat Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat Anda sendiri start-up script untuk masing-masing, memiliki file konfigurasi per perangkat dan memulai sesuatu usb_modeswitch seperti ini:

$ su -c "usb_modeswitch -c /path/to/device/config.conf"

Jika Anda benar-benar beruntung, Anda mungkin menemukan Anda memiliki perangkat tak seorang pun pernah tahu konfigurasi untuk. Dalam hal ini, baik bawa kembali ke toko dan mendapatkan satu yang Anda tahu tidak bekerja (menekan forum untuk laporan keberhasilan dan perangkat / operator kombinasi yang diketahui bekerja), menunggu dengan sabar untuk orang lain untuk menyediakan sebuah file konfigurasi atau melakukan sendiri.

Yang terakhir adalah rumit, dan saya tidak pernah perlu, tetapi melibatkan menggunakan sniffer USB untuk mengintip pada driver yang ada dan mencari tahu apa kode usb_modeswitch kebutuhan. Salah satu program Linux disebut USB Sniff tampaknya populer. Baca di bahwa jika Anda ingin / perlu untuk pergi rute itu.

Opsional

Sekarang, jika Anda * lakukan * memiliki perangkat Vodafone, Anda mungkin harus menginstal Vodafone terbaru Mobile Hubungkan perangkat lunak juga, karena memiliki GUI yang berguna dan berisi dukungan khusus untuk perangkat Anda (mudah-mudahan! Meskipun pembangunan adalah sedikit di belakang model yang sangat terbaru karena merupakan tim kecil.)

Saya download versi ini, sekali lagi dari situs Forge daripada Download link pada halaman instruksi Fedora:

vodafone-mobile-connect-2.20.01-1.noarch.rpm

Dan diinstal:

$ rpm -i ~/Download/vodafone-mobile-connect-2.20.01-1.noarch.rpm

Sekarang Anda akan menemukan ikon Vodafone di Applications -> Internet.

Pada dengan acara! Diperlukan lagi:

Sebelum melanjutkan, restart komputer Anda dengan modem 3G di port USB. Inilah yang harus terjadi:

Di reboot usb_modeswitch dan ozerocdoff harus melakukan hal mereka, beralih modus kunci dari disk ke modem dan membuat port modem. Ketika boot sistem dan Anda login, klik pada NetworkManager dalam area task manager, kanan atas, dan anda akan melihat “Auto Mobile Broadband (GSM) koneksi” sebagai pilihan. Jika Anda klik, Anda akan diminta untuk PIN kartu SIM dimasukkan dalam kunci 3G. Setelah memasukkan itu, kuncinya hanya harus terhubung ke Internet. Dan itu saja! (Aku harus melepaskan dan menyambungkan kembali sekali pada awalnya, untuk mendapatkan akses Internet, tapi setelah itu baik-baik saja.)

Atau, jika Anda memiliki * Vodafone perangkat * mobile dan lebih memilih untuk menggunakannya, buka aplikasi Vodafone Handphone Connect. Perangkat Anda harus berada di sana untuk memilih pada layar start-up. Pergi melalui set-up layar awal (saya meninggalkan standar segala sesuatu) dan kemudian ada tombol Connect besar hijau di kiri atas. Anda tahu apa yang harus dilakukan! (Sekali lagi, Anda mungkin harus mencoba ini beberapa kali untuk benar-benar mendapatkan sambungan ke Internet pada awalnya, tetapi harus menetap dan bekerja setelah upaya awal saya punya masalah yang sama dengan Windows -. Itu hanya cara itu adalah dengan kunci baru / kontrak, saya pikir.)

Catatan, bahkan jika Anda memiliki perangkat Vodafone, Anda tidak diwajibkan untuk menggunakan Vodafone Handphone aplikasi Connect. Ini akan bekerja melalui NetworkManager, jadi VMC selalu opsional.


Sekarang, apa yang harus dilakukan jika tidak pergi begitu lancar?

Pertama, Anda mungkin perlu untuk un-mount drive pena tersambung Anda tidak Anda inginkan. Jika Anda melihat drive yang Anda biasanya tidak memiliki, ini pasti kunci 3G:

$ umount /media/Name\ of\ odd\ device

Kemudian kita perlu secara manual beralih modus. Pertama, kita menggunakan lsusb untuk memeriksa pengaturan saat ini. Berikut adalah output saya:

$ lsusb
Bus 001 Device 004: ID 12d1:1465 Huawei Technologies Co., Ltd.
Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 003 Device 003: ID 0b97:7762 O2 Micro, Inc. Oz776 SmartCard Reader
Bus 003 Device 002: ID 0b97:7761 O2 Micro, Inc. Oz776 1.1 Hub
Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 002 Device 002: ID 413c:a005 Dell Computer Corp. Internal 2.0 Hub
Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub

Perangkat pertama sebenarnya modem saya. Mana dikatakan ID dua nomor * * harus sesuai dengan TargetVendor dan nilai-nilai TargetProduct dalam file usb_modeswitch.conf Anda. Jika mereka sesuai dengan nilai-nilai DefaultVendor dan DefaultProduct sebagai gantinya, beralih modus telah gagal. Coba secara manual, seperti ini:

$ usb_modeswitch -W

The “-W” adalah semacam keluaran debug, menceritakan segalanya. Setelah itu melakukan lsusb lagi. Jika rincian ID masih salah, Anda memiliki masalah yang lebih besar. Waktu untuk memukul forum, teman saya! Biasanya masalahnya adalah hanya nilai-nilai yang salah dalam usb_modeswitch.conf, tetapi Anda harus mulai Googling untuk solusi aku takut.

Semua yang baik meskipun, beralih modus terjadi. Selanjutnya kita perlu melakukan pekerjaan ozerocdoff manual. Begini caranya:

$ modprobe -a option
$ echo "0x12d1 0x1465" > /sys/bus/usb-serial/drivers/option1/new_id

Angka-angka setelah echo, 0xXXXX, XXXX lagi harus sesuai dengan TargetVendor dan nomor TargetProduct dalam file config untuk usb_modeswitch.

Jika ini berhasil, Anda harus dapat melakukan sesuatu seperti ini:

$ ls -l /dev/ttyUSB*
crw-rw---- 1 root uucp 188, 0 2010-04-28 10:55 /dev/ttyUSB0
crw-rw---- 1 root uucp 188, 1 2010-04-28 10:48 /dev/ttyUSB1
crw-rw---- 1 root uucp 188, 2 2010-04-28 10:48 /dev/ttyUSB2
crw-rw---- 1 root uucp 188, 3 2010-04-28 10:48 /dev/ttyUSB3
crw-rw---- 1 root uucp 188, 4 2010-04-28 10:55 /dev/ttyUSB4

Jika tidak ada yang ditemukan, lagi, Anda memiliki masalah yang lebih besar. Ini waktu forum! Beberapa perangkat memiliki masalah “menempel” dalam mode modem dan mungkin memerlukan tweak lebih lanjut untuk usb_modeswitch, tetapi Anda akan harus menyelidiki hati-hati. Ini mungkin memakan waktu.

Isu lain yang saya miliki, meskipun hanya pada saya EEE PC 901, adalah VMC tidak “melihat” perangkat di inisialisasi. Untuk mengatasi ini saya harus menjalankan perintah ini (saya menemukannya di forum Betavine) untuk membuat VMC “melihat” kunci 3G. Saya tidak mengerti kenapa, tapi segala sesuatu yang lain tampak baik-baik jadi saya dieksekusi perintah ini, seperti yang disarankan, dihapus perangkat, terpasang kembali, mulai VMC dan semuanya baik-baik:

$ eject sr0

Seperti yang saya katakan, saya tidak tahu apa atau mengapa, tetapi tetap hal-hal di netbook saya. Dell laptop saya tidak memiliki masalah ini. Semua yang mengatakan, sekali hal-hal yang telah terinstal dan diselesaikan, selama kunci dimasukkan saat komputer boot Anda seharusnya tidak memiliki masalah.


Akhirnya, bagaimana jika kunci 3G * tidak * dimasukkan ketika komputer dihidupkan? Perintah berikut harus memilah untuk Anda:

$ su -
$ usb_modeswitch
$ modprobe -a option
$ echo "0x12d1 0x1465" > /sys/bus/usb-serial/drivers/option1/new_id

Itu saja yang Anda butuhkan! Beralih ke user root, beralih modus kunci “modem” dan membuat port koneksi untuk modem. Pekerjaan yang dilakukan.

Saya harap posting ini berguna. Ini pasti akan membantu joging ingatanku di masa depan! =)

2 responses to this post.

  1. kalo cara nyari nilai messagecontent tu gimana ya?

    Balas

  2. Posted by hafizah on Desember 6, 2013 at 1:02 am

    kalau cara konfigurasi USB MOdem pada linux model switch bagaimana caranya ???

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: