Ulasan: KahelOS 020212x

Saya telah Chakra GNU / Linux beberapa kali di sini baik sebelum dan sesudah berpisah dari dasar Arch, dan saya telah cukup konsisten mengatakan bahwa itu adalah distribusi yang menakjubkan dan memiliki implementasi yang besar dari KDE. Tapi ketika datang ke Arch berbasis distribusi, saya belum pernah mencoba sisi lain dari koin DE – GNOME – sampai sekarang.

Layar utama + KahelOS Selamat Datang Pusat

Itu adalah di mana KahelOS masuk ini adalah distribusi Arch berbasis yang dikirimkan dengan GNOME dan bertujuan agar user-friendly, meskipun seperti Chakra, mereka mengharapkan bahwa pengguna akan setidaknya agak mau belajar dan bekerja dengan sistem. Ini pada awalnya ditargetkan untuk khalayak terutama Filipina, tapi sekarang ia memiliki perspektif yang lebih internasional.

Saya menguji sesi hidup melalui live USB dibuat dengan multisistem. Saya tidak memeriksa instalasi di VM VirtualBox dalam berbagai 11,10 Xubuntu “Ocelot Oneiric” live USB dengan 1024 MB RAM yang dialokasikan untuk OS tamu. Ikuti melompat untuk melihat apa ini keturunan lain dari Arch seperti.

Setelah menu boot, aku disambut oleh dinding bergulir teks untuk boot splash. Proses ini relatif cepat, dan aku segera disambut oleh desktop.

Desktop dasarnya adalah saham GNOME 3/Shell, jadi saya tidak akan melalui itu lagi. Perubahan hanya bisa saya lihat adalah bahwa kursor adalah saham bukan tanggal X/11 kursor daripada kursor khas GNOME halus, yang saya rasa adalah sedikit kemunduran, dan bahwa ada duplikat dari dermaga 3/Shell GNOME di sisi kanan layar. Berbicara tentang dermaga itu, ada sebagian kecil tapi signifikan itu yang selalu menampilkan, dan melayang di atas itu menunjukkan secara penuh. Saya tidak punya masalah dengan itu fitur autohide, tapi bahkan ketika itu adalah “tersembunyi”, masih berhasil untuk menutupi sebagian besar lebar scrollbar di Mozilla Firefox, yang menjengkelkan. Selain itu, mengenai desktop, ada beberapa ikon desktop yang dimaksudkan untuk hadir, seperti installer KahelOS dan peluncur untuk ClamAV, tapi mereka benar-benar tumpang tindih dengan ikon untuk drive mount. Apakah tidak semua dari mereka ikon seharusnya dipisahkan menjadi grid? Semacam itu tumpang tindih adalah bentuk sangat buruk.

Mozilla Firefox + LibreOffice Penulis

Sebagai desktop dimuat, saya langsung disambut oleh layar yang menanyakan apakah saya ingin menginstal atau mencoba sesi langsung KahelOS. Ini sangat banyak seperti apa yang ada dalam versi terbaru dari Ubuntu, dan saya pikir itu adalah fitur yang hebat untuk ditiru. Ketika saya mengklik untuk mencoba sesi langsung, jendela dibuka menampilkan presentasi slideshow fitur dari KahelOS, yang saya pikir unik dan cukup keren.
Sayangnya, pada saat yang sama, semua partisi lain dari hard drive laptop saya dan saya USB flash drive diminta untuk dibuka pada saat yang sama. Tidak hanya pemberitahuan tidak dapat ditutup tanpa mengambil tindakan tertentu (yang baik untuk membuka folder drive atau untuk mengeluarkan drive, yang tidak pilihan yang sangat komprehensif), tapi sementara mereka notifikasi terbuka, sejajar ruang vertikal untuk yang diambil oleh notifikasi menjadi tidak dapat digunakan sampai beberapa tindakan diambil. Saya dasarnya dipaksa untuk membuka semua folder tersebut, hanya untuk menutup mereka nanti. Ini bukan kesalahan dari KahelOS khususnya, itu adalah kesalahan GNOME 3, karena para pengembang percaya ini menjadi fitur yang bukan bug.
Juga, saya mencoba mengambil screenshot dari desktop, tetapi ketika saya mencoba menyimpan mereka di masa sekarang folder “Foto”, saya diberitahu bahwa pengguna langsung tidak memiliki izin yang tepat untuk memodifikasi folder itu. Ternyata, dalam sesi hidup, semua folder seperti “Dokumen”, “Music”, “Pictures”, dan lainnya hanya dapat diakses dan dimodifikasi oleh root, yang merupakan kesalahan KahelOS (sejauh yang saya bisa tahu) dan merupakan pengaturan default agak miskin.
Satu hal yang menyenangkan adalah bahwa KahelOS mount partisi hard laptop saya drive di folder sesuai dengan jumlah mereka yang sebenarnya partisi (misalnya “sda5”); biasanya, mereka bisa dipasang di bawah folder yang diberi nama dengan urutan aneh tetapi konsisten dari angka heksadesimal (misalnya “b791333f3 … “). Sayangnya, partisi lain dari USB flash drive (dari mana KahelOS berlari) yang dipasang dalam folder bernama sebagai angka heksadesimal.

Mozilla Firefox adalah browser default, meskipun Kromium juga hadir dalam sesi hidup. Kebanyakan codec sepertinya dimasukkan juga, seperti YouTube dan Hulu bekerja dengan baik. Volume laptop saya pintas keyboard diakui juga, meskipun sepanjang pengalaman saya dalam sesi hidup, terutama jika saya menggunakan beberapa aplikasi yang suara yang dibutuhkan, volume akan meningkat menjadi maksimum secara acak dan akan mengharuskan saya untuk menurunkan volume secara manual sebelum gendang telingaku akan meledak.

PackageKit

LibreOffice adalah suite produktivitas standar, dan bekerja dengan baik. Juga, file ODT yang saya mampu menciptakan menggunakan Penulis LibreOffice yang benar diakui oleh Dokumen GNOME. By the way, ini adalah pertama kalinya bahwa saya telah mampu untuk benar-benar mencoba Dokumen GNOME, dan sepertinya itu hanya daftar semua dokumen (misalnya ODT, PDF, TXT, dan sebagainya) dalam folder rumah (atau pada account Google Docs), ini tampaknya lebih berguna untuk komputer tablet dibanding desktop atau laptop, untuk jujur.
Aplikasi yang terinstal lainnya termasuk Avogadro, Kalzium, Ekiga Softphone, Keju Webcam Booth, Dropbox, dan lainnya. Juga, GNOME Tweak Alat disertakan, yang baik. Ada cukup banyak aplikasi yang disertakan, dengan file ISO hampir 3 GB, yang besar!

PackageKit merupakan front-end untuk manajer paket, dan bekerja dengan baik. Aku bahkan berhasil menginstal Skype dengan itu, yang besar.
Sebagai Skype termasuk dalam repositori, menginstal itu adalah masalah sama sekali. Ini diakui webcam laptop saya dan mic dengan baik, dan saya dapat memiliki percakapan video yang sebenarnya dengan kerabat dengan itu, walaupun itu masalah volume berlebihan datang setiap sekarang dan kemudian.
Google Talk tidak tersedia dalam repositori, tapi aku mencoba mendownload file dari TXZ Repositori Pengguna Arch (AUR) dan mengikuti petunjuk untuk menginstal paket tersebut. Ada masalah dependensi beberapa, saya bisa menyelesaikan sebagian besar dari mereka dengan manajer paket CLI (Pacman), tetapi salah satu dari mereka itu sendiri sebuah paket dari AUR, jadi saya perlu menginstal yang pertama menggunakan petunjuk wiki Arch paket AUR. Setelah itu, menginstal Google Talk mengikuti petunjuk di wiki Arch adalah mudah, dan itu diakui webcam laptop saya dan mic dengan baik. Saya bisa melakukan percakapan video dengan teman juga, yang lebih dari yang bisa saya katakan tentang kinerja Google Talk pada Salix OS dari minggu lalu.
Yang mengatakan, saya melihat sesuatu yang sangat aneh tentang Terminal GNOME sebagai saya menginstal Google Talk. Sepertinya acak menduplikasi bagian dari perintah dan / atau menghapus bagian orang lain, terutama jika kata perintah mencakup lebih dari satu baris. Ini adalah perilaku agak aneh dan buggy, saya berharap bukan “fitur” juga.

KahelOS sangat stabil, karena tidak pernah jatuh atau melambat pada saya. Hal ini juga digunakan sekitar 330 MB RAM saat idle, yang tidak buruk dan benar-benar mungkin sedikit yang baik lebih baik dari distribusi GNOME paling 3/Shell.

Instalasi Paket dari AUR

Pada titik ini, saya mulai proses instalasi. Layar pertama menunjukkan penciptaan pengguna dan bahasa / pemilihan lokal bersama-sama. Setelah itu datang penciptaan root, dan kemudian datang partisi hard drive. Tapi sebelum itu, installer menunjukkan menu drop-down yang memungkinkan pengguna untuk membuka salah satu drive yang terhubung di Nautilus untuk menyalin file penting sebelum instalasi. Saya rasa ini adalah langkah yang sangat bagus dan saya pikir installer lain sebaiknya meniru ini. Setelah itu muncul partisi yang sebenarnya, saya memilih untuk membiarkan installer melakukan tugasnya secara otomatis. Setelah itu datang layar peringatan terakhir, yang memungkinkan pengguna sekali lagi untuk menyalin file penting dari setiap drive yang dapat dibuka di Nautilus, yang besar. Pada titik ini, saya harus memulai dari awal karena hard drive virtual hanya 10 GB dalam ukuran, dan KahelOS diperlukan 9 GB ruang (!) Untuk instalasi, sehingga mengeluh. Saya membuat drive 15 GB baru drive virtual, mulai berakhir, dan berhasil melewati ini. Sedikit setelah itu datang instalasi yang sebenarnya, yang relatif cepat. Setelah itu dan hal-hal terakhir ini, saya restart VM dan bisa menggunakan sistem terinstal sebanyak yang saya mampu untuk menggunakan sistem live.

Itu adalah di mana waktu saya dengan KahelOS berakhir. Hal ini pada dasarnya sebagai user-friendly sebagai Chakra, dan aku bisa melakukan hampir semua (dan semua hal yang utama) yang saya bisa dalam Chakra di KahelOS, yang besar. Tentu saja, saya masih belum bisa terbiasa dengan “fitur” kecil tapi kisi di GNOME 3/Shell, dan saya mungkin akan menggunakan repositori Arch di KahelOS untuk menginstal DE yang berbeda (mungkin baik Xfce atau GNOME 3/Cinnamon, karena itu adalah tersedia sekarang juga). Plus, persyaratan ukuran untuk kedua medium hidup dan sistem terinstal adalah luar biasa besar. Yang mengatakan, saya pasti dapat merekomendasikan hal ini baik untuk pengguna Linux yang relatif baru jika mereka merasa nyaman hanya dengan beberapa perintah di terminal dan juga untuk pemula Linux jika mereka memiliki tangan membantu mengkonfigurasi hal.
Anda bisa mendapatkannya di sini .

Tinggalkan Balasan

