ePSXe 1.6.0 for Linux

Aku bermain-main dengan emulator ini sebenarnya sudah lama sekali, sekitar tahun 2002-2003 saat itu, ePSXe masih versi 1.5.0. Aku akui, untuk saat itu, ePSXe ini adalah emulator Playstation yang paling bagus dibandingkan yang lain seperti Bleem!, PSEmu, maupun VGS. Saat itu, aku juga tertarik dengan ePSXe ini juga karena dikembangkan secara modular, dimana engine ePSXe ini terpisah dengan library-library I/O-nya. Dan library karya Pete Bernert-lah yang juga cukup handal untuk komputerku saat itu.

Waktu berlalu, penasaran untuk kembali melongok dunia emulator pun muncul kembali. Saat ini, terdapat dua emulator PSX yang dinyatakan cukup handal di Linux, yaitu ePSXe dan PCSX. Ditambah juga emulator untuk PS2, yaitu PCSX2.

PCSX dan ePSXe ini memiliki pengembangan yang mirip, yaitu engine terpisah dengan menggunakan library yang persis sama untuk perangkat I/O-nya. PCSX ini aku install langsung dari repository mint Cassandra menggunakan apt-get, sedangkan ePSXe, aku download pre-compiled-nya dari situs resminya.

Konfigurasi

Yah.. untuk konfigurasi seharusnya tidak jauh berbeda, tapi entah kenapa, untuk pcsx ini seperti engine-nya masih belum stabil. Saat akan melakukan konfigurasi melalui menu X-nya seringkali pcsx menjadi crash, dan harus di kill. Karena tidak ingin direpotkan lebih jauh (malas cari info) aku lalu segera mencoba ePSXe versi terbaru. Yah.. walaupun versi terbaru tetapi versi 1.6.0 ini tercatat dirilis tahun 2003.

Plugins aku ambil dari ngemu.com dengan konfigurasi seperlunya, dan juga masih ingat dari cara kerja ePSXe yang dahulu, aku dapat segera mendapatkan tampilan biosnya. Yah.. dari ilmu yang aku dulu pelajari, semua konfigurasi plugins librari diuji bisa-pakai-nya dengan menampilkan bios ini. Jika tampilan bios PSX dapat tertampil dengan sewajarnya, juga suara, dan pengendaliannya, berarti secara prinsip ePSXe ini dapat digunakan untuk bermain dengan cd PS.

Setelah mencari-cari CD Parasite Eve 2 yang pernah aku punya dulu, dengan opsi run CD-ROM, game dapat berjalan, hanya tinggal “merapikan” konfigurasi agar game dapat tertampil dengan indah sesuai selera.

Kendala

Nah.. jika ePSXe sudah siap untuk digunakan bekerja. Jalankan ePSXe menggunakan iso dari CD game tersebut. Hal ini selain agar CDROM-nya awet, CD PS-nya juga akan awet (mengingat kualitas CD piracy yang dipakai tipis dan mudah tergores). Nah.. dari sinilah permasalhan dimulai.

Semenjak awal aku coba run ISO, ePSXe tidak menghasilkan tampilan apa-apa. Aku coba mount iso itu, juga tidak bisa di mount karena menggunakan filesystem bukan iso9660. Aku cari info di forum, ada yang mengatakan kalau ePSXe bisa langsung menjalankan file ISO, ada yang harus menggunakan plugins tambahan.

Plugins tambahan ini juga menambah rentetan masalah. Mooby’s CDR Plugins, ternyata tidak semudah itu digunakan. Setelah file-nya didownload, tidak ada satu manualpun yang menyatakan, file libcdrmooby-2.8.so harus diletakkan dimana. Adapun kalau diletakkan di folder plugins/ akan menghasilkan pesan error. Itu pun juga masih belum dapat melakukan run ISO. Aku lihat, di forum-forum juga banyak yang menanyakan hal itu, tapi belum ada yang memberikan jawaban yang spesifik. Kemudian, aku lihat di paket PCSX ternyata juga disertakan libcdrmooby-2.8.so. Aku cek dengan libcdrmooby-2.8.so sebeleumnya dengan md5sum, ternyata filenya berbeda. File yang ada di paket PCSX di repository ini sudah diperbaiki. Aku ganti dengan yang baru, pesan error tidak terlihat, tapi tetap saja tidak dapat melakukan run ISO. Sempat dicoba juga dengan dipancing, dengan menjalankan menggunakan CDROM dahulu kemudian ditengah game diganti dengan ISO, hanya menghasilkan game yang freeze, tidak bisa di apa-apakan.

Nah.. apakah ePSXe 1.6.0 ini memang dalam kode-nya belum lengkap untuk dukungan run from ISO? atau mungkin cara penggunaan libcdrmooby-nya yang kurang tepat? atau mungkin masih perlu ada paket atau plugins yang ditambahkan?

Tinggalkan Balasan

