Cara Install Gambas3 di Linux Mint Edisi Debian (LMDE)

Gambas adalah sebuah Integrated Development Environment (IDE) untuk membuat atau membangun aplikasi berbasis GUI di platform Linux. Kalau saya ibaratkan, Gambas ini bisa dibilang sebagai Visual Basic-nya Linux. Betapa tidak, selain sama-sama berbasiskan bahasa pemrograman Basic dan berorientasi visual + object, desain antarmuka (interface) Gambas juga mirip dengan Microsoft Visual Basic. Begitu pula sintaks kode programnya, walaupun tidak sama persis.

logo gambas3

Bagi Anda yang sebelumnya sudah cukup mahir menggunakan Visual Basic di sistem operasi Windows dan ingin mencari alternatif penggantinya di Linux, maka Gambas adalah pilihan yang paling tepat.

Selengkapnya tentang Gambas, bisa Anda baca melalui keterangan di situs resminya (gambas.sourceforge.net).

Saya sendiri baru mulai belajar menggunakan Gambas untuk membuat aplikasi berbasis bahasa Basic di Linux. Rasanya cukup menyenangkan ketika menggunakan IDE yang bersifat free dan open-source ini. Proses pengetikan kode program di Gambas ini bisa lebih cepat dan otomatis daripada ketika saya meng-coding di Visual Basic. Begitu pula komponen-komponen (objek) yang tersedia. Di Gambas, saya menemukan komponen default yang lebih variatif dan lebih banyak daripada yang ada di Visual Basic (VB 6.0). Penggunaannya juga relatif lebih nyaman daripada di Visual Basic.

Versi Gambas terkini saat tulisan ini saya publish yaitu versi 3 (Gambas3). Versi terbaru ini belum tersedia pada repository Linux Mint Edisi Debian. Untuk bisa memasang/menginstalnya di LMDE, Anda harus menambahkan repository Gambas3 yang berasal dari repo Ubuntu. Namun bukan dengan cara menambahkan lewat perintah sudo add-apt-repository bla bla bla. Kalaupun Anda tambahkan secara paksa dengan perintah tersebut melalui terminal, tetap saja tidak akan berfungsi (berdasarkan pengalaman saya).

Bahkan ketika Anda coba meng-compile dan menginstall Gambas3 secara manual (lewat file hasil ekstraknya), Anda berpotensi mengalami kegagalan pada langkah terakhir (pada perintah make atau make install). Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Jadi bagaimana solusinya? Cukup tambahkan alamat sumber repo Gambas3 pada direktori /etc/apt/sources.list LMDE Anda.

Berikut ini tampilan Gambas3 pada Linux Mint Debian (LMDE) saya.

sources list

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka terminal, lalu inputkan perintah ini diikuti menekan tombol enter.
    gksu gedit /etc/apt/sources.list

    Jika LMDE yang Anda gunakan memakai desktop Xfce, ganti saja perintah ‘gedit’ dengan nama text-editor default dari desktop Xfce yang ada pada LMDE Anda. Misalnya dengan ‘leafpad’, sehingga perintahnya menjadi:

    gksu leafpad /etc/apt/sources.list
  2. Masukkan password root LMDE Anda pada kotak dialog yang muncul, lalu tekan enter atau klik tombol .
  3. Pada kotak gedit/leafpad yang terbuka kemudian, masukkan sources-list baru dari Gambas3 (yang berasal dari kanal PPA Ubuntu). Nah, pada tahap ini, saya sendiri menggunakan kanal PPA dari Ubuntu 11.04 Natty Narwhal, berhubung LMDE yang saya gunakan dirilis sebelum rilis Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot. Dalam hal ini, copy dan paste-kan list repository berikut ini pada baris terakhir di dalam kotak/jendela gedit yang muncul.
    deb http://ppa.launchpad.net/nemh/gambas3/ubuntu natty main
    deb-src http://ppa.launchpad.net/nemh/gambas3/ubuntu natty main

    Lebih jelasnya, lihat gambar berikut.

    sources list

    Jika Anda ingin eksperimen dengan repo dari Ubuntu Oneiric, silakan ganti keterangan “natty” pada kedua list di atas dengan keterangan “oneiric”. Tapi saya tidak menjamin penggunaan repo Oneiric bisa berhasil. Jadi, coba gunakan repo natty saja.

  4. Klik tombol di bawah bar menu kotak gedit atau tekan Ctrl + S pada keyboard Anda untuk menyimpan hasil penambahan list di atas. Lalu tutuplah kotak gedit tersebut
  5. Pada terminal yang masih terbuka, lakukan pembaruan (update) paket-paket aplikasi dan sekaligus penginstalan Gambas3 lewat sebaris perintah berikut ini.
    sudo apt-get update && sudo apt-get install gambas3

    Lalu masukkan password root Anda dan tekan enter. Tunggulah proses pembaruan paketnya selesai. Jika nantinya ada konfirmasi untuk menginstal Gambas3, ketik saja Y, lalu tekan enter kembali (untuk mulai menginstal/memasang Gambas3 pada komputer Anda).

  6. Silakan cek/temukan hasil instalasi Gambas3 melalui launcher menu Linux Mint Debian Anda, tepatnya pada sub menu (kategori) Programming.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

One response to this post.

  1. I agree completely with what you said. Good Read. Keep it up

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: