Wubi-Install Ubuntu didalam Windows

Wubi, merupakan nama aplikasi untuk menginstall Ubuntu didalam sistem operasi windows. Biasanya jika kita memasukan CD Installer Ubuntu kedalam Sistem operasi Windows yang aktif akan muncul secara otomatis/autorun.

Wubi - Ubuntu InstallerWubi – Ubuntu Installer

 

 

Wubi - Ubuntu InstallerWubi – Ubuntu Installer

beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan mencoba menggunakan Wubi untuk menginstall Ubuntu dengan maksud untuk membandingkan apakah hasilnya sebagus jika kita melakukan fresh install biasa.

 

Wubi - Ubuntu InstallerWubi – Ubuntu Installer

Selesai proses Instalasi yang ternyata cukup lama, saya rasakan bahwa desktop ubuntu terasa sedikit lebih berat dalam loading. Dalam kasus ini saya pergunakan Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx. dan ternyata deteksi terhadap port USB sedikit bermasalah sehingga tidak dapat Mengenali Modem USB Bandluxe milik saya.

 

Wubi - Ubuntu InstallerWubi – Ubuntu Installer

Berdasarkan hasil ini saya rekomendasikan agar sahabat lebih baik menginstall Ubuntu secara normal melalui proses booting dibandingkandengan menggunakan Wubi untuk menginstallnya melalui windows.

Tinggalkan Balasan

