Sharing internet via wireless network pada Linux Mint

Akhirnya, rasa penasaran saya tentang bagaimana cara sharing koneksi internet dial up pada Linux Mint bisa tuntas. Setelah beberapa kali percobaan dan juga mencari informasi dari berbagai sumber, akhirnya saya bisa juga melakukan sharing koneksi internet melalui wireless network pada Linux Mint 10 Julia. Sebenarnya, sharing koneksi dial up melalui wireless network bisa dikatakan cukup mudah. Namun karena saya yang terlalu ribet, sehingga sering sekali mengalami kegagalan. Oleh karena itu, mumpung ilmu ini masih segar di otak saya, saya ingin menulisnya pada blog ini. Supaya saya tidak lupa dan juga bisa berbagi kepada orang lain. Berikut ini cara sharing koneksi internet via wireless network pada Linux Mint 10 Julia:

1. Alat yang dibutuhkan:

  • Koneksi internet (Saya menggunakan koneksi dial-up Telkomsel Flash)
  • 2 Laptop atau notebook yang memiliki wifi aktif. (Satu untuk pusat, bisa juga diganti dengan komputer. Yang lain bisa diganti dengan perangkat lain yang memiliki wifi aktif)
  • Router Hotspot (digunakan sebagai pemancar sinyal internet via wireless dari laptop, komputer, atau notebook pusat)

2. Pada notebook utama saya yang telah saya pasang Linux Mint 10, dan juga telah saya hubungkan ke internet melalui koneksi dial-up Telkomsel Flash, saha hubungkan ke Router Hotspot dengan kabel LAN.

3. Buat koneksi baru melalui klik kiri pada panel network connection, kemudian pilih menu Create New Wireless Network. Akan muncul jendela baru tentang pembuatan koneksi wireless baru.

Screenshot Sharing internet via wireless network pada Linux MintNew Wireless Network

Pada wireless security, pilih WEP 40/128-bit Key (Hex or ASCII). Misal, saya menggunakan nama baru untuk koneksi saya adalah UbuntuAdhoc dengan password 12345.

4. Edit setting dari wireless network baru tadi dengan klik kana pada panel network connection, terus edit connection. Pilih pada tab wireless, klik pada nama koneksi baru anda, lalu pilih edit. Pada setting IPv4, pilih method Shared to other computers.

Screenshot 1 Sharing internet via wireless network pada Linux MintSetting IPv4

Setelah selesai, klik apply.

5. Hubungkan laptop, komputer, atau notebook anda melalui koneksi wireless baru tadi, tanpa memutus koneksi internet.

6. Cek dengan perangkat lain, apakah koneksi yang anda buat tadi berhasil atau tidak. Saat saya test menggunakan notebook saya yang lama, hasilnya adalah seperti berikut ini

image002 Sharing internet via wireless network pada Linux MintKoneksi wireless baru pada notebook lain

Saat untuk browsing

image004 Sharing internet via wireless network pada Linux MintEstiko.info

Catatan, pada screeshot koneksi pada notebook lama saya, terdapat 2 wireless network. Koneksi UbuntuAdhoc adalah koneksi yang baru saya buat. Semetara, koneksi Jimbun adalah koneksi default dari router hotspot saya. Karena sebelum menggunakan cara ini, saya membuat koneksi Jimbun melalui panel admin dari router hotspot milik saya.

Cukup simpel dan mudah bukan? Jadi, bagi anda yang ingin bermain kerumah saya di desa Alasmalang, Kemranjen, Banyumas, bisa menikmati hotspot gratis dengan koneksi Telkomsel Flash yang Alhamdulillah di tempat saya sudah mendapatkan sinyal 3,5G. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba.

Catatan: Setelah berhasil sharing koneksi internet melalui wireless network, tugas selanjutnya adalah menjajal easyhotspot, billing hotspot Linux yang kemarin saya dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: