Setting Modem GSM di Linux Ubuntu

Wah ini awalnya saya sempat pusing karena bingung cara settingnya, hingga akhirnya settingan ini berhasil juga aku jalani. Sebelumnya saya juga pernah posting artikel untuk setting Modem CDMA di Ubuntu karena dulunya saya sih cuma punya ada modem CDMA doank hehe lagian biayanya murah. Sekarang saya coba berbagi apa yang udah saya praktekin langsung dan berhasil koneksi Internet di Ubuntu via Modem GSM.

Pertama:
– Colokin USB Modem
– Buka Terminal Console untuk cek modem terdetek apa gaknya

$ lsusb

– Akan muncul seperti berikut jika terdetek

Bus 003 Device 005: ID 12d1:1003 Huawei Technologies Co.Ltd.
Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 001 Device 002: ID 064e:d101 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub

Kedua:
– Download aplikasi berikut

bcm-install offline

– Extrak file tersebut di mana saja terserah dimana mau diletakkan
– Install file tersebut satu persatu (cari mana yang bisa dulu sampai selesai semuanya)

Ketiga:
– Buka network connection pada panel di bagian notification area
klik saja; New Mobile Broadband (GSM) connection, selanjutnya perhatikan saja gambar berikut.
1. Pilih modem yang anda gunakan, lalu klik forward (forward aja dah)

2. Pilih negara, saya sih pilih Indonesia karena masih setia tinggal di Indonesia hehe

3. Pilih Operator yang anda gunakan, misalnya telkomsel

4. Masukkan Akses Point Name dengan “telkomsel”(sesuaikan menurut operator yang anda gunakan)

5. setelah muncul muncul tampilan seperti berikut, klik “apply”

8. Klik icon koneksi yang terdapat disudut kanan atas. (kalau belum konek gambarnya sinyal dipalang.. ckckck)

Semoga berhasil ya… 

2 responses to this post.

  1. Posted by heru on Juni 29, 2011 at 5:48 am

    kalo kartunya indosat m2 ko gk bisa ya,,saya udh konfigurasi sama kaya di windows tp gk bisa masuk2.kira2 apa yang harus saya lakukan biar saya bisa pake modem o2 huwawai m2 di linux,

    Balas

  2. Posted by zero on Februari 24, 2011 at 3:46 pm

    missi gan om master..
    numpang nanya…
    kok di kompi saya kagak muncul mobile broadbbandnya y..
    padahal saya dah buat di network connection kayak yang diatas tapi kagak muncul-muncul…
    mohon pencerahannya..

    Balas

Tinggalkan Balasan

