Merubah Tampilan Ubuntu menjadi Windows 7

Biar lebih familiar tentunya desktop ubuntunya harus dimodif nih, seperti windows 7. Biar dia tidak kaget. Langsung aja, download paket-paket buat ngerubah desktop gnome ubuntu menjadi windows 7
1. Download Windows7 Transformation Pack for Ubuntu di http://rapidshare.com/files/295877146/Wi…
2. Ekstrak file hasil downloadan tadi.
3. Install theme windows 7 dengan cara klik kanan di desktop, change desktop background, theme, install, arahkan ke folder extrak td,pilih file Win7.Basic.02[Tema GTK].tar.gz, apply new theme.
4. Install Icon Windows 7 dengan cara klik kanan di desktop, change desktop background, theme, install, arahkan ke folder extrak td,pilih file Windows 7 [Iconos Tema].tar.gz, apply new theme.
5. Install cursor Windows 7 dengan cara klik kanan di desktop, change desktop background, theme, install, arahkan ke folder extrak td,pilih file Win7 Aero [Tema Cursor].tar.gz, apply new theme.
6. Install paket emerald, dengan cara pake synaptic, atau lewat terminal apt-get install emerald
7. Aktifkan compiz fusion, dendidalam folder Win7 [Imagenes]
8. Di panel anda bisa mengatur apa saja yang mau dimasukin, dengan cara klik kanangan cara klik kanan desktop, change desktop background, visual effect, pilih ekstra, supaya animasinya jalan.
9. Install theme emerald, dengan menjalankan emerald theme manager lewat start menu. Pilih import, cari file Win7.emerald dari folder hasil ekstrakan tadi.
10. Pada Windows 7 baris menu cuma 1, sedangkan pada ubuntu ada 2, diatas dan dibawah. Hapus panel yang dibawah dengan cara klik kanan, delete panel
11. Panel yang diatas pindahkan ke bawah dengan cara, klik kanan, properties, orientation, pilih bottom
12. Rubah background panel dengan cara klik kanan pada panel, properties, background, background image, cari file 108525-panel4.png, di folder hasil ekstrak tadi, adanya panel, add to panel, silahkan atur sendiri.
13. Untuk merubah start menu Install gnomenu terbaru, kalau mau paket yang deb, cari di http://www.getdeb.net/
10. Setelah terinstall masukan gnomenu tsb, dengan cara klik kanan panel, add to panel gnomenu. Menu ubuntu yang clasic bisa diremove dengan cara. klik kanan pada menunya, remove from panel, pilih windows 7. Pada button selection, pilih install, Win7 [Boton].tar.gz, open, pilih Win7. Pada icon selection, install, Win7 [Iconos].tar.gz, open, pilih seven, Ok. yes, reload.
11. Start menu sudah berubah seperti windows 7 kan?
12. Langkah selanjutnya menginstall dockbarx dengan cara ketik diterminal
$ sudo add-apt-repository ppa:dockbar-main/ppa
$ sudo apt-get update && sudo apt-get install dockbarx
13. Setelah terinstall, klik kanan panel, add to panel, dockbarx applet, silahkan atur.
Inilah desktop ubuntu hasil modifikasi saya:

Ok, merubah tampilan sudah selesai. Sekaranng tinggal nginstalin Microsoft Office 2007, soalnya adik belum familiar sama openoffice.
Mudah aja. Tinggal install wine. setelah itu install Office 2007 nya dengan wine.
Selesai.

Ternyata setelah laptopnya di berikan kepada adik, dia biasa aja tuh pakenya, lancar-lancar aja. tidak ada kesulitan yang berarti.

4 responses to this post.

  1. beneran itu bisa

    Balas

  2. Posted by nurhadi on Februari 21, 2011 at 1:44 pm

    Mantap.terima kasih brow

    Balas

  3. Posted by novan on Februari 5, 2011 at 3:12 pm

    hohohhoo thank infonya..
    mantap..
    idup KSB…
    pariri lema beriri..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: