Ubuntu Edisi Netbook yang Ringan & Cepat

Canonical baru saja meluncurkan lingkungan desktop baru bernama Unity pada Ubuntu Developer Summit (UDS) di Belgia pada 10 Mei 2010 kemarin. Unity akan menjadi desktop standar untuk Ubuntu 10.10 edisi Netbook yang dirilis Oktober 2010 dan saat ini telah tersedia bagi pengembang saja.

Unity didesain untuk netbook dan perangkat sentuh. Desktop baru ini menawarkan panel baru dan launcher aplikasi yang membuat cepat dan mudah mengakses aplikasi, seperti browser dan menghilangkan bagian layar yang jarang digunakan untuk penggunaan mobile maupun di netbook.

Selain lingkungan desktop baru Unity, Canonical juga mengumumkan secara paralel Ubuntu Light yaitu implementasi Ubuntu berbasis pada Unity dan ditujukan pada pasar dual-boot “web-instan”. Versi Ubuntu ini menawarkan chat, IM, browser, aplikasi media player bagi pabrikan komputer yang ingin menawarkan pengalaman “web-instan” yang bisa melengkapi Windows pada pasar komputer konsumen. Jadi lebih jelasnya, Ubuntu Light merupakan varian Ubuntu baru untuk pasar netbook yang menggunakan lingkungan desktop UI Unity.

UI Unity ini memiliki dock (konsep mirip Mac OS) yang memudahkan kita menjalankan aplikasi. Anda bisa melihat tampilan lebih jelas pada gambar berikut:

Kehebatan Ubuntu Light yang utama adalah menawarkan fitur booting sampai bisa mengakses browser hanya kurang dari 10 detik, bahkan katanya hanya 7 detik saat diukur menggunakan Dell Mini 10v dengan solid state disk. Varian baru Ubuntu ini juga menawarkan media player dan alat untuk mengintegrasikan dengan Windows untuk mengakses file musik, foto, dll.  Jadi Ubuntu Light ini lebih ditujukan sebagai sistem operasi kedua atau pilihan dari yang standar.

Sumber: http://www.canonical.com/products/unity

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: