Download aplikasi ubuntu dengan apt-web

Distro (distribusi) debian dan turunannya (termasuk ubuntu) sangat terkenal akan sistem manajemen paketnya, paket-paket tersebut merupakan aplikasi pendukung untuk menginstal suatu software dan untuk menginstalnya melalui apt-get dengan syarat terhubung langsung ke internet atau melalui DVD repositori lokal.

Bagaimana jika kita ingin menginstal aplikasi tersebut tidak terhubung langsung ke internet dan kita tidak mempunyai DVD repositori maka ada alternatif lain yaitu melalui apt-web.  Namun kita tetap harus terhubung ke internet dengan mendownload aplikasi tsb terlebih dahulu kemudian baru di instal melalui terminal.

Berikut langkah-langkahnya :
1. Buka http://apt-web.dahsy.at/

2. Pada antarmuka apt-web terdapat 3 form. Form pertama adalah form untuk memilih distribusi (distro) dan versinya yang anda pakai. Form kedua adalah form untuk memilih repositori misalnya kita pilih Kambing UI. Untuk memulai pencarian berkas paket dan dependensinya langsung masukan nama aplikasi yang ingin anda install. Sebagai contoh adalah aplikasi K3B yang akan diinstall di ubuntu 8.04. Maka hasilnya akan seperti ini :

3. Semua paket yang berhubungan dengan K3B akan muncul di bagian URL’s. Download semua paket tersebut dan letakkan di sebuah folder. Untuk menginstall K3B di komputer anda, salin folder yang berisi paket-paket K3B tersebut. Kemudian melalui terminal ketikkan :

sudo dpkg -i lokasi/folder/*.deb

Dengan perintah tersebut maka paket-paket tersebut akan diinstall di komputer anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: